Pembuatan Visa Korea Selatan

Halo! Karena barusan aku cek website visa Korea Selatanku sudah "approved" , jadi aku mau berbagi cara apply  atau pendaftaran visa Korea Selatan :) Sebenarnya sudah banyak sih yang kasi tutorial tapi ya sudah ya ini aku mau cerita aja step by stepnya.

1. Isi formulir yang disediakan kedutaan
Formulirnya ada 5 lembar harus dicetak di kertas A4, 80 gr. Bisa diunduh di sini. Di formulir kamu juga harus menempelkan foto 3,5 x 5,5 cm atau 4x6 cm dengan latar belakang putih. Siapkan juga 1 lembar lagi foto berukuran sama untuk dokumen.

Isi form sesuai dengan yang diminta seperti biasa.

2.  Siapkan dokumen-dokumen yang diminta
Karena aku statusnya adalah karyawan swasta, jadi berikut dokumen yang kulampirkan


  1. Paspor asli dan fotokopi halaman identitas + cap-cap paspor. Kalau ada paspor lama, sertakan juga asli dan fotokopinya.
  2. Surat keterangan kerja dari kantor, pastikan ada kop surat, tanda tangan, cap. Dalam bahasa Inggris ya. Isinya menyatakan kalau kamu adalah benar karyawan kantor tersebut dan sudah disetujui untuk cuti berlibur. Tapi biasanya pihak kantor sudah biasa bikin ini sih.
  3. Dokumen keuangan yang diminta kalau menurut website kedutaan adalah rekening koran 3 bulan terakhir atau bukti pemotongan pajak (SPT) atau slip gaji 3 bulan terakhir. Seharusnya sih salah satu aja, tapi kemarin aku menyertakan 3 sekaligus, beserta surat referensi bank. Surat referensi bank ini aku lampirkan juga karena aku cek di travel agent banyak yang meminta ini.
    Apakah ada minimum saldo? Tidak. Yang penting pemasukan kamu jelas, apalagi terlihat setiap bulan kamu dapat gaji kan, jadi itu sudah memastikan kamu ada pendapatan rutin.
  4. Fotokopi kartu keluarga
Butuh bukti booking-an tiket pesawat ga? ENGGAKm aku ga menyertakan bukti beli tiket, waktu aku tanya ke petugasnya juga dibilang tidak usah.


3. Susun dokumen dengan rapi!
Urutannya sesuai dengan yang ditulis di atas ya. Paling depan adalah form, lalu dokumen-dokumen yang disebutkan diatas dari nomor 1-4. Steples/jepit dengan penjepit kertas. Jangan khawatir, di meja satpam kedutaan disediakan hekter dan penjepit kertas banyak :)

Berikutnya adalah tahap pendaftaran datang ke kedutaan. Kedutaan Besar Korea Selatan itu di Jl, Gatot Subroto Kav. 57. Kalau mau naik Transjakarta itu Koridor 9, turun di Halte Tegal Parang lalu jalan kaki sedikit.

Jam buka untuk pengajuan visa adalah jam 09:00 - 11:30. Untuk menghindari antrian, datang sebelum jam 9 lebih baik, tapi kemarin untungnya aku datang jam 9:10 menit pun aku dapat antrian nomor 11 dan prosesnya tidak lama.

Saat sampai di kedutaan yang harus kamu lakukan adalah:

1. Melakukan pembayaran visa terlebih dahulu di KEB HANA BANK 
Banknya ada digedung depan sebelum kamu memasuki gedung konsulat untuk pengajuan visa. Tinggal bilang ke penjaga bank mau bayar visa. Mereka hanya terima cash ya. Beri tahu jenis visa apa yang mau kalian apply. Terakhir aku ke sana (17 Des 2018) harga visa single adalah IDR 592,000 dan multiple IDR 1,332,000. 

Setelah kalian bayar, pihak bank akan memberikan 'stamp' yang harus ditempel di halaman depan formulir. Kalian bisa tanyakan ke satpam nanti dimana letak menempelkannya dan tersedia lem juga di meja satpam hehe.

2. Masuk ke gedung konsulat, pengajuan visa
Siapkan KTP karena akan diminta oleh satpam untuk pengecekan sebelum masuk gedung. Tas juga diperiksa, tenang periksanya kaya yang di mall-mall itu. Setelah itu kamu diperbolehkan masuk. 

Saat masuk ruangan langsung ke tempat satpam yang ada di dekat pintu masuk. Pak satpam akan bantu kamu untuk nomor antrian, tempel stamp, mau pinjam hekter, atau penjepit kertas semua ada. Nomor antrian pengajuan visa single dan multiple berbeda ya.

Saat nomormu dipanggil, jangan lupa bawa kertas nomor antrian untuk diserahkan ke petugas. Dokumenmu akan dicek satu persatu dan akan diberikan kertas tanda terima dokumen. Single visa memakan waktu 6 hari kerja baru bisa diambil, tidak terhitung Sabtu, Minggu, hari libur. 

Sudah selesai! Sebenarnya sangat simpel untuk pengajuan visa Korea Selatan ini, yang penting dokumennya lengkap dan meyakinkan.

CEK APLIKASI VISA
Kalian bisa cek status aplikasi visa kalian di sini.

Pilih Check Application Status - Check application status & print

Dibagian search pilih
Type of applications: Diplomatic office
Select: Passport no
Name in English: Tuliskan NAMA BELAKANG/KELUARGA DULU baru nama depan
Date of birth: Silakan pilih tanggal lahir

Lalu klik "SEARCH"

Kalian bisa cek status aplikasi visanya: on process / approved / rejected / passport returned (berarti sudah kamu ambil)

Jika ada yang ingin ditanyakan, bisa langsung di kolom komentar di bawah :)

Comments